Senin, 03 Agustus 2020

MENELAAH STRUKTUR TEKS BERITA


Menelaah  Struktur Teks Berita

oleh
Yulinar, S.Pd. & Surya Dewi, S.Pd. 



     Struktur Teks berita

Secara umum teks berita mempunyai struktur sebagai berikut.
a.     Kepala Berita atau Lead.
Lead berita ditulis pada paragrag pertama sebuah berita. Lead merupakan unsur penting sebuah berita. Lead merupakan sari pati sebuah berita. Lead melukiskan seluruh berita secara singkat.
Unsur penting berita 5W+ 1H pada umumnya ditulis pada paragraf pertama dan kedua. Pada bagian kepala berita setidaknya mengandung jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, dan di mana. Sementara itu pertanyaan mengapa dan bagaimana dapat ditemukan pada bagian tubuh berita.

b.     Tubuh berita atau Body
Tubuh berita berisi peristiwa atau  kejadian yang dilaporkan. Bahasa dalam berita singkat, padat, dan jelas. Dengan demikian tubuh berita merupakan penjelasan lead secara lengkap berita.

c.      Ekor Berita.
Ekor berita berisi informasi kurang penting. Bagian ini berada setelah kepala berita dan tubuh berita. Bagian ini tidak memiliki kaitan langsung dengan judul berita.
       Dengan struktur penyajiaan itulah, susunan informasi dalam suatu berita tersaji dalam bentuk piramida terbalik. Bagian awal merupakan bagian pokok dan semakin ke bawah berita itu merupakan pemerincian yang kurang penting.


           Perhatikan struktur teks  berita sebagai berikut!

                       




          
          

                  .                                                                                              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar