Minggu, 23 Agustus 2020

MENGIDENTIFIKASI INFORMASI IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER

 

Dalam kehidupan sehari-hari,  kita  menyampaikan informasi  kepada khalayak ramai atau orang lain secara cepat dengan menggunakan media seperti iklan, slogan dan poster seperti informasi dalam bidang kesehatan, pendidikan, keagamaan atau hiburan.

A.    Pengertian Iklan, Slogan dan Poster

Pengertian iklan, slogan dan poster dapat dijelaskan sebagai berikut :

Iklan ialah informasi yang disampaikan kepada orang lain tentang sebuah produk  yang baru

                 atau penawaran jasa sebuah produk.

Slogan ialah himbauan, seruan berisi kalimat pendek, mudah diulang-ulang, tentang sesuatu

                 hal agar orang lain mengikutinya apa yang disampaikan.

Poster ialah informasi yang disampaikan kepada orang banyak tentang sebuah pengumuman

                atau  kegiatan-kegiatan. Poster dipasang di tempat keramaian.

B.     Jenis-jenis Iklan, Slogan dan Poster

Jenis Iklan

a. Iklan Media Cetak

1.       Iklan kolom

Iklan kolom adalah iklan dalam bentuk kolom (kotak), tarifnya dihitung per mm.
Iklan Kolom adalah iklan bergambar di space halaman iklan. Dengan ukuran lebar 36 mm sedangkan untuk tinggi mulai dari 30 mm hingga ukuran maksimal 100 mm.

 

2.       Iklan baris

Iklan baris adalah iklan yang berupa ataupun berbentuk baris dan memakai kata-kata singkat .
Biasanya iklan ini digunakan untuk mempromosikan suatu barang/jasa. Iklan baris dihitung per baris.


       b. Iklan Elektronik

1.      Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik berupa tuturan, musik, maupun bunyi.

2.      Iklan televisi, iklan mengandung suara, gambar, dan gerak

3.      Iklan film, iklan yang tersaji dalam judul film.

 

        c. Iklan berdasarkan isinya

1.     Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita. Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.


 

2.      2.  Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang. Iklan niaga adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa yang diiklankan. Contoh iklan produk niaga misalnya adalah iklan tentang produk minuman Aqua, iklan produk mie instan, iklan jasa sedot WC, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur, dan lain sebagainya.



3.     3.  Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat.


 

Jenis Slogan

1.     Slogan Pendidikan

Sebagai pelajar biasanya kita melihatnya menempel di dinding sekolah, mading, kelas, bahkan di toilet terkadang terdapat kalimat pendek yang menempel.

Slogan pendidikan yaitu mendorong dan memotivasi pelajar agar tambah giat menuntut ilmu dan menaati peraturan.

Contoh:

  • Buku Adalah Jendela Dunia, Mari Gemar Membaca!.
  • Kegagalan Adalah Keberhasilan yang Tertunda.
  • Tak ada harta yang kekal kecuali ilmu.
  • Muda menanam tua memanen.
  • Belajar yang tekun agar tua tak melamun

2.     Slogan kesehatan

Kalimat pendek dengan tema kesehatan biasanya sering ditemui di rumah sakit, puskesmas, pinggir jalan. Tujuannya mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan mengingatkan tentang pentingnya kesehatan.

Contoh:

  • Didalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat
  • Kekayaan Itu Penting, Tapi Kesehatan Jauh Lebih Penting
  • Sehat itu kita yang ciptakan!
  • Sehat itu nikmat!
  • Hidup sehat tanpa narkoba!

3.     Slogan lingkungan

Dalam lingkungan masyarakat sekitar, tak jarang juga ditemui kalimat pendek unik yang biasanya bertemu kebersihan dan alam. Biasanya sering ditemui di sekitar tempat pembuangan sampah, baliho, pinggir jalan, dan tempat lain.

Tujuannya biasanya mengajak masyarakat untuk menjaga dan mencintai lingkungan sekitar, karena dampaknya juga akan terasa kepada mereka.

Contoh:

  • Kebersihan sebagian dari iman!
  • Menjaga lingkungan sama dengan menjaga kesehatan!
  • Lingkungan yang kotor menciptkan bibit penyakit!
  • Buanglah Sampah Pada Tempatnya.
  • Ingatlah Bahwa Tiada Pohon Tiada Kehidupan.

4.     Slogan Produk/Iklan

Iklan juga tak jarang menambahkan slogan pada saat promosinya, untuk membedakan iklan tersebut dengan iklan yang lain.

Contohnya:

·         KFC, Jagonya Ayam..!!

·         PIZZA HUT, Good Friends Great Pizza

·         Teh rio, Asli segarnya

·         Buavita, Buavita Khas Nusantara

 

Jenis Poster

1.      Poster Layanan Masyarakat

Poster yang berisikan informasi tentang pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti psoter layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.


2.     Poster Niaga

Poster yang berisikan tentang menjual dan mempromosikan suatu atau jasa yang dijual oleh perusahaan.


3.     Poster Kegiatan

Poster yang berisikan tentang informasi pada suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, supaya kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan orang-orang tersebut dapat menghadiri kegiatan yang akan dilaksanakan.


 

  1. Poster Pendidikan

Poster yang berisikan tentang informasi yang dapat memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat.


A.    Ciri-ciri iklan, Slogan dan Poster

 

Secara umum, teks iklan, slogan dan poster menggunakan bahasa efektif dengan ciri

Kalimat berikut :

a.       Pendek dan singkat

b.      Jelas

c.       Menarik perhatian

d.      Mudah diingat dan

e.       Persuasif ( mengajak )

Bahasa slogan lebih mengarah pada kata-kata atau kalimat, sedangkan poster lebih

pada gambar. Bahasa slogan berisi tujuan dan ideologi, sedangkan poster berisi imbauan,

 ajakan, upaya edukasi (pendidikan), dan penyaluran aspirasi tertentu. Sementara itu, bahasa

 iklan lebih bersifat komersial. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar