Jumat, 01 Mei 2020

BELAJAR MIND MAP



MATERI I ( PERTAMA) BIMBINGAN KONSELING (BK)
UNTUK KELAS VII.1 s/d VII.9 

1. Pengertian Mind mapping
Pernahkah kamu mendengar mind mapping? Nah, ini bisa bantu belajar kamu. Singkatnya, mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan cara kreatif ini, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal materi pelajaran.
2.  Kelebihan-kelebihan belajar menggunakan metode mind mapping yaitu :
             Meningkatkan daya ingat kita lebih detail

Daya Ingat Lebih Baik (Sumber: um.edu.mt)
Dengan mind mapping, akan membantu kita untuk mengingat secara detail lebih baik lagi. Kenapa? Karena dengan mind mapping kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah untuk diingat.
Selain itu, dengan teknik belajar ini, pikiran kita akan fokus pada topik utama kemudian mengasosiasi dengan kata kunci tertentu dari sebuah pelajaran. Ini tentu akan mempermudah kita untuk mengingat karena kita fokus pada poin-poin penting dan menyimpulkannya ke dalam peta konsep sederhana.
     Materi sulit jadi lebih mudah dikuasai
Yang membuat kita kesulitan untuk memahami suatu pelajaran seringkali karena kita belum memahami gambaran besar dari materi tersebut. Jadinya, mau dipelajari berulang kali pun rasanya masih ada yang kurang paham atau bahkan terlupakan begitu saja.
Kamu pasti pernah kan kesulitan memahami suatu materi, tetapi ketika mendapatkan kata kuncinya terasa lebih mudah untuk memahaminya? Nah, dengan mind mapping, kita belajar dengan menggunakan kata kunci untuk mendeskripsikan setiap materi agar lebih mudah dipahami. Jadi, cukup ingat satu kata kunci langsung paham semua.
    Belajar dengan cara kreatif, lebih menyenangkan
Belajar dengan mind mapping tentunya lebih menyenangkan karena melibatkan kreativitas. Mungkin selama belajar kita akan cepat bosan dan hilang semangat karena membaca buku yang hanya berisi tulisan. Tapi, ketika kita belajar dari mind map yang sudah dibuat setiap selesai belajar pasti kita akan lebih semangat. Apalagi, bila menggunakan warna yang kita sukai dan dilengkapi dengan gambar yang lucu, belajar berulang kali pun tetap menarik bukan?.
3. Membuat Mind map
Nah, daripada penasaran mending yuk dicoba buat mind map versi kamu sendiri. Gimana caranya? Sederhana kok, kamu tinggal melakukan hal berikut:
1. Siapkan peralatan tulis, berwarna lebih seru.
Untuk memulai mind mapping, persiapannya mudah, Pertama, siapkan kertas yang siap kamu corat-coret, utamakan kertas polos ya biar kamu bisa bebas berimajinasi. Kedua, tentunya pensil atau spidol warna-warni biar tampilannya lebih menarik! Dan jangan lupa semangat untuk belajar supaya tetap focus.









2. Dimulai dari topik utama


Mind map (Sumber: tonybuzan.com)
Setelah semua sudah siap, mulai mind mapping dengan menuliskan topik utama di bagian tengah halaman. Dari situ, baru mulai mengembangkan menjadi subtopik yang berkaitan disertai turunannya. Misalnya, kamu sedang belajar IPA, lalu topik utamanya adalah cara berkembang makhluk hidup. Berarti subtopik-nya terbagi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, seterusnya.
3. Gunakan satu kata atau frase

Gunakan satu kata atau satu frase saja (Sumber: moustachemagazine.com)
Usahakan untuk menggunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik maupun turunannya ya! Kenapa? Tentu saja untuk memudahkan kamu untuk mengingat. Kalau kamu menggunakan kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat kamu untuk menghafalnya bukan?
4. Berkreasi dengan ilustrasi dan warna


Buat ilustrasi sederhana di mind map (Sumber: primeeducation.com.au)
Bisa dicoba  dengan memberikan ilustrasi sederhana supaya mind map kamu lebih seru! Jangan lupa gunakan warna yang berbeda juga ya untuk setiap garis subtopik, biar lebih menarik secara visual. Semakin berkreasi pasti semakin menarik mind map kamu.
Ya, itulah cara belajar cepat dengan mind map. Dengan membiasakan membuat mind map cara berpikir kamu lama-kelamaan akan terstruktur sehingga akan lebih mudah untuk mengerti asosiasi antar berbagai topik maupun subtopik yang sudah dibuat.

Ada pula beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat mind map lebih mudah diingat:
  1. Tulis dengan rapi menggunakan huruf kapital dan ukuran yang lebih besar di bagian-bagian yang paling penting, sehingga menonjol ketika kamu membuka kembali mind map-mu.
  1. Gambar mind map-mu dengan hal-hal yang berhubungan dengan keseharian. Misalnya gambar-gambar yang berarti bagian tersebut memiliki tenggat waktu yang penting atau bisa juga dengan tanda panah untuk menekankan hal-hal yang mungkin harus kamu ingat atau lakukan.
  1. Garisbawahi kata-kata yang penting, kalau perlu dipertebal.
  1. Kreatif dan beranilah dalam mendesain mind map-mu, karena otak cenderung mengingat hal-hal yang tak biasa.

SALAM DARI : IBU MUTHMAINNAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar