Selasa, 28 April 2020

CARA BELAJAR YANG MENYENANGKAN


MATERI III (KETIGA ) PELAJARAN BIMBINGAN KONSELING (BK) UNTUK KELAS VIII-1 s/d VIII-9

CARA BELAJAR YANG MENYENANGKAN

     Kamu ingin mendapatkan suatu cara efektif untuk belajar dengan menyenangkan ? Berikut ini ada 7 (tujuh) langkah yang dapat kamu lakukan dan kembangkan sendiri  yang diadaptasi dari buku Seven Habits of Highly Effective People karangan Steven Covey
Bertanggung Jawab atas Dirimu Sendiri
Tanggungjawab merupakan tolok ukur sederhana dimana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
Pusatkan Dirimu Terhadap Nilai dan Primsip yang kamu Percaya
Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu, jangan biarkan teman atau orang lain mendikte apa yang penting
Kerjakan Dulu Mana yang Penting
Kerjakan dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
Anggap dirimu berada dalam Situasi “co-opetition” (bukan situasi win-win lagi)
“Co-opetition” merupakan gabungan dari kata “cooperation” (kerja sama) dan “competition” (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan  yang terbaik (do your best) didalam kelas.
Pahami Orang Lain Maka Mereka akan Memahamimu
Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan gurumu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru tersebut. Nah, Sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argument apa yang paling pas diberikan ketika berada dalam posisi guru tersebut
Cari Solusi yang Lebih Baik
Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru pengajar, teman, kelompok belajar, atau dengan wali kelas. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
Tantang Dirimu Sendiri Secara Berkesinambungan
Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang
Selamat mencoba, good luck !


SALAM DARI : IBU DESNAYANTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar