Selasa, 07 April 2020

PENGUATAN EKONOMI MARITIM DAN AGRIKULTUR DI INDONESIA


Materi dan Penugasan IPS kelas VIII untuk minggu ini

PENGUATAN EKONOMI MARITIM DAN AGRIKULTUR DI INDONESIA

Ekonomi Maritim
Ternyata ekonomi maritim dan ekonomi kelautan itu berbeda, lho! Ekonomi kelautan adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait. 
Ekonomi Agrikultur
Squad, apakah kalian tahu tentang Ekonomi Agrikultur? Ekonomi Agrikultur merupakan upaya peningkatan perekonomian dengan memberdayakan sektor pertanian. Agrikultur merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, sumber energi atau untuk mengelola lingkungan hidup. Ekonomi agrikultur meliputi budidaya tanaman, bercocok tanam, atau peternakan dan bisa juga pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk seperti pembuatan keju dan tempe. 
Potensi dan Peran Agrikultur di Indonesia
Indonesia memiliki wilayah yang subur dan beriklim tropis sehingga sangat baik untuk aktivitas pertanian. Selain itu, Indonesia juga memiliki tanaman unggul seperti padi, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan berbagai tanaman lain. Ada beberapa faktor yang mendukung ekonomi agrikultur di Indonesia.
https://blog.ruangguru.com/mengembangkan-ekonomi-maritim-dan-agrikultur-di-indonesia
Untuk mendukung ketersediaan komoditas perdagangan antar negara/internasional perlu upaya peningkatan ekonomi maritim. sebab sektor ini merupakan unggulan yang dimiliki Indonesia. Kalian perlu memahami terlebih dahulu apa itu ekonomi Maritim. Untuk dapat memahami dengan mudah apa itu ekonomi maritim, Amatilah gambar 3.11 aktivitas nelayan pada buku paket halaman 167dan pelajari sampai halaman 177.
kemudian kerjakan tugas berikut :
1.      Jelaskan perbedaan Pengertian ekonomi maritim dengan ekonomi ke lautan
2.      Isilah tabel 3.6 pengamatan gambar pad halaman 168 dn tabel 3.7  
3.      kegiatan ekonomi maritim dan ekonomi kelautan. hlmn 169.
4.      wilayah laut Indonesia yg sngt luas merupakan potensi penting dn perlu d pelihara serta d tingkatkan kualitasnya.
- sebutkan beberapa kekayaan laut indonesia.
- bagaimana suatu perekonomian dpt bekerja dgn baik dr tiga kondisi dasar
a.       apa yang harus diproduksi
b.      bagaimana berproduksi?
c.       untk siapa diproduksi?
5.      jelaskan strategi kebijakan pengembangan ekonomi maritim serta penguatan Agrikultur d Indonesia...


kerjakan di buku latihan ya nak
Nurhayati S.pd, M.pd 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar