Rabu, 08 april
2020
MATERI PPKN KELAS VII (1-9)
I. Perjuangan menuju negara kesatuan
republik indonesia
Assalamualaikum
semua anak-anak ibu tersayang,,
“Kutitipkan bangsa dan negeri ini
kepadamu”. Itulah pesan dari salah seorang pendiri negara, Ir. Soekarno.
Pesan ini bagi seorang pelajar mengandung arti bahwa kita dituntut
mempersiapkan diri dalam menghadapi masa depan. Generasi muda bangsa Indonesia,
yang akan meneruskan, mempertahankan, mengelola, dan memajukan bangsa dan
negara Indonesia.
Negara Kesatuan Republik Indonesia
terbentuk melalui perjuangan Panjang dan luar biasa oleh para pendiri negara.
Untuk lebih jelasnya yuuk kita simak video berikut:
Setelah
kita melihat tayangan video diatas, dapat kita simpulkan bahwa sejarah tentang
lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin menguat setelah
Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Peristiwa tersebut mendorong para
pemuda dengan jiwa muda dan semangatnya bergerak mendesak “golongan tua” untuk
secepatnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tekad para pemuda tersebut
akhirnya mendorong terjadinya peristiwa Rengasdengklok.
Saat itu, suasana di Rengasdengklok
menjadi tegang. Setelah berdebat Panjang, desakan para pemuda akhirnya
disanggupi oleh Ir. Soekarno yang akan segera memproklamasikan kemerdekaan,
tetapi dilakukan di Jakarta. Tentu saja jawaban tersebut disambut gembira oleh
para “golongan muda” dan prajurit PETA yang menjaga Ir. Soekarno. Pada tanggal 16 Agustus 1945 rombongan
Rengasdengklok tiba di Jakarta dan dijadikannlah rumah Laksamana Muda Maeda
sebagai tempat menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Ir. Soekarno dan Moh. Hatta segera
merumuskan teks proklamasi dengan tulisan tangan sendiri.
Kalimat I : Kami
rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Diubah : Kami bangsa Indonesia dengan ini
menyatakan kemerdekaan Indonesia. (yang berasal
dari Achmad Subardjo)
Kalimat ke-2 :
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain akan diselenggarakan
dengan cara yang
secermat-cermatnya serta dalam tempo yang sesingkat-
singkatnya
Diubah : Hal-hal yang mengenai pemindahan
kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan
dengan cara seksama dan
dalam tempo yang sesingkat-singkatnya
kemudian Ir.
Soekarno meminta semua ya g hadir menandatangani naskah proklamasi itu selaku
wakil-wakil bangsa Indonesia. Namun, Sukarni selaku salah satu pimpinan
golongan pemuda mengusulkan agar Soekarno-Hatta menandatangani atas nama bangsa
Indonesia. Selanjutnya Sayuti Melik mengetik naskah tersebut dengan
beberapa perubahan yang telah disetujui. Ada tiga perubahan redaksi atas teks
proklamasi, yaitu :
1. Kata
tempoh diganti dengan kata tempo
2. Wakil
bangsa Indonesia diganti dengan atas nama bangsa Indonesia
3. Cara menuliskan tanggal Djakarta, 17-8-05
diganti menjadi Djakarta, hari 17, boelan 08, tahun 05
Pada tanggal 17 Agustus 1945, hari
Jum’at, Pukul 10.00 WIB, didepan rumah Ir.Soekarno Jalan Penganggasan Timur No.
56 Jakarta, Ir. Soekarno dengan didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks
proklamasi dengan disaksikan lebih kurang 1.000 orang.
Setelah teks proklamasi dibacakan,
dikibarkanlah sang saka Merah Putih oleh Suhud dan Latief Hendradiningrat dan
secara spontan peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Teks Proklamasi
disusun dalam keadaan genting dan mendesak, tetapi bukan berarti teks
proklamasi tidak memiliki legalitas dan makna yang mendalam. Teks proklamasi
disususn secara singkat dan hanya terdiri dari dua alenia. Kedalaman makna yang
termuat dalam teks proklamasi menunjukkan kelebihan dan ketajaman pemikiran
para pembuat naskah proklamasi waktu itu.
Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia memiliki makna yang dapat kita telaah dari berbagai aspek sebagai
berikut :
a. Aspek Hukum
b.
Aspek Historis
c. Aspek Sosiologis
d. Aspek Kultural
e. Aspek Politis
f. Aspek Spiritual
Untuk lebih
memahami materi yang sudah kalian baca,,yuuks kita jawab beberapa soal dibawah
ini!
- .
Mengapa terjadi
ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua dalam menentukan proklamasi?
- .
Sebutkan Minimal empat
Tokoh pendiri negara beserta perannya masing-masing dalam peristiwa proklamasi?
Sampai disini
dulu pembelajaran kita untuk minggu ini, jawaban dapat kalian kumpulkan pada
guru bidang studi PPKN masing-masing,,,
#StayAtHome dan
#SlaluCerdasBerkarya
Wassalam
Ibu Hayatun Nufus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar