Selasa, 17 Maret 2020

Teks Cerita Inspiratif




Materi Pembelajaran Kelas IX (1-9)
Struktur Teks Cerita Inspiratif
1.       Orientasi Orientasi adalah pengantar cerita. Bagian ini berisi pengenalan tema, latar, dan juga tokoh. 
2.       Perumitan Peristiwa Perumitan peristiwa adalah kisah tokoh dan peristiwa menuju ke puncak cerita (konflik)
3.       Komplikasi Komplikasi adalah puncak (inti) cerita, tempat kisah yang menjadi inspirasi
4.       Resolusi Resolusi adalah peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan
5.       Koda Koda adalah penutup cerita, kesimpulan pesan moral. Amanat dan pesan-pesan positif yang bisa dipetik dari teks cerita inspiratif.

Kebahasan Teks Cerita Inspiratif
Kata/ kalimat deskriptif
Kata/kalimat deskriptif merupakan kata/kalimat yang berfungsi menggambarkan sesuatu sehingga pembaca atau pendengar seperti melihat dan merasakan sendiri hal yang digambarkan. Biasanya yang digambarkan adalah tokoh, latar, atau peristiwa yang dialami tokoh.
Perhatikan contoh berikut.
Karena Affan Gaffar hidup di lingkungan yang serba kekurangan,   ia harus berjuang lebih berat daripada anak-anak lainnya yang hidup di daerah yang lebih maju. Ia terpaksa harus sekolah di Bima Raba karena di desanya belum ada SMP. Selama tiga tahun sekolah di SMP Negeri Tente yang dijalaninya sejak ahun 1959 hingga 1960, ia harus  menempuh jarak sejauh lima kilometre dari rumah menuju sekolahnya. Jika dihitung dengan perjalanan pulang, jaraknya menjadi sepuluh kilometre. Setiap hari, ia melakukan semua itu. Jelaslah bahwa jarak tersebut bukanlah jarak dekat, apalgi ditempuh dengan berjalan kaki. Pastilah, hal tersebut sangat melelahkan. Dalam kutipan tersebut terdapat beberapa kata/kalimat deskriptif yang menggambarkan kondisi desa Affan Gaffar.
 Beberapa kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
a. Lingkungan yang serba kekurangan
b. Ia harus berjuang lebih berat daripada anak lainnya.
c. Di desanya belum ada SMP
d. Ia harus menempuh jarak sejauh lima kilometre dari rumah menuju sekolahnya.
Kata dalam kalimat tersebut dipadu untuk menggambarkan kondisi desa yang miskin, jauh , dan terbelakang. Dengan menggunakan kata/kalimat tersebut, kita dapat membayangkan seperti apakah gambaran desa yang dimaksud oleh pengarang.   
Kata ekspresif Kata ekspresif merupakan kata yang mampu menggambarkan isi perasaan tokoh/ pengarangnya. Melalui kata itulah, pikiran, dan perasaan tokoh dan pengarang dapat terekspresikan. Biasanya, kata ekspresif menggunakan kutipan langsung atau kata seru.
Cermatilah contoh berikut.
 a. “Alhamdulillah, Tuhan pasti akan memberikan jalan hidup dan berpihak pada kejujuran,” tukasnya.
b. “Jeruk….jeruk….jeruk. Salak…salak…..salak,” teriak pemuda itu sambil merangkak.
 c. “Capek, tapi, ya mau gimana lagi. Namanya juga usaha. Saya tak mau menysahkan orang lain. Saya harus mandiri, tuturnya, bersemangat.
d. Kalimat yang diungkapkan tokoh tersebut merupakan luapan/ungkapan persaan. Kalimat itu benar-benar mengekspresikan isi hati dan perasaannya. Kalimat itu ketika dibaca atau didengar mampu menimbulkan rasa empati begi pembaca atau pendengarnya. Misalnya, ucapan “Alhamdulillah” merupakan ungkapan rasa syukur yang luar biasa dari sang tokoh karena telah keluar dari masalah.

Majas Majas adalah penggunaan gaya Bahasa untuk memperoleh efek tertentu, baik untuk memperoleh efek keindahan, keekspresifan, dan lain-lain.
Ada beberapa majas yang sering digunakan dalam teks cerita inspiratif.
a.       Majas metafora 
Majas metafora adalah majas yang menyebut suatu benda atau hal sebagi pembanding dengan apa yang dimaksud. Majas ini sering disebut majas perbandingan langsung karena pembandingnya tidak menggunakan kata penghubung. Dalm teks cerita inspiratif, majas metafora biasanya digunakan untuk membandingkan kondisi/karakter tokoh.
 Perhatikan contoh berikut.
 • Orang yang selalu tegak di tengah hantaman badai, itulah potret kehidupan Affan Gaffar
• Akan tetapi, menjelang separuh dari sekolahnya di SR itu, ayahnya yang selama ini mejadi tulang punggung keluarganya meninggal dunia.
• Kejujuran adalah sebuah tameng pelindung pada saat tidak ada orang lain yang mampu menyelamatkan kita.

b.      Majas perumpamaan
Majas perumpamaan adalah majas yang membandingkan sesuatu secara tidak langsung sehingga menggunakan kata-kata perbandingan, misalnya bak, ibarat, laksana, seperti, bagai, dan bagaikan.Dalam teks cerita inspiratif, majas ini juga digunakan untuk membandingkan kekuatan karakter tokoh atau membandingkan beratnya cobaan tokoh.
Perhatikan contoh berikut.
 • Ibaratnya, bahtera yang sedang berlayar tenang di lautan kehidupan tiba-tiba, ia dilanda topan dan badai besar yang menimbulkan goncangan dahsyat.
c.        Majas repetisi
Majas repetisi adalah majas yang mengulang kata atau kalimat untuk maksud tertentu. Dalam teks cerita inspiratif, majas repetisi biasanya digunakan untuk memberikan penekanan pada sesuatu hal.
Perhatikan contoh berikut.
• Melalui kisah ini,digunakan  bagaimana kejujuran  dan penyerahan diri pada pertolongan Tuhan membuat Umar tidak takut akan masalah berat yang dihadapinya. Kejujuran sang ibu juga tanpa disadari membuat orang lain (Umar) terlepas dari masalah berat yang menjeratnya. Kejujuran adalah sebuah tameng pelindung pada saat tidak ada orang lain yang mampu menyelamatkan kita. Oleh sebab itu, sebaiknya, kita selalu mengandalkan kejujuran  dalam setiap perbuatan dan perkataan. (kata kejujuran diulang berkali-kali karena untuk memberikan penekanan tentang sikap itu).

• Isi Teks Cerita Inspiratif 
a.       Tema
Tema adalah gagasan utama yang menjadi dasar cerita
b.      Tokoh dan penokohan –
Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa atau berkelakuan di dalam berbagai peristiwa cerita. - Penokohan adalah pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita. 
c.       Konflik
Konflik adalah munculnya permasalah dalam cerita
d.      Penyelesaian peristiwa
Penyelesaian peristiwa adalah semua masalah yang tersaji di dalam cerita sudah terselesaikan.
e.       Pesan moral
Pesan moral adalah pelajaran moral atau pesan yang di dapat dari suatu kejadian, pengalaman seseorang, atau cerita yang dapat memberikan pelajaran hidup bagi penonton dan bagi orang lain.

SOAL
Buatlah sebuah cerita inspirasi berdasarkan pengalaman pribadi kamu.

Oleh :
Yulinar S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar