Senin, 23 Maret 2020

BELAJAR NOTASI ANGKA



BAHAN AJAR KELAS : IX
Minggu ke 2 libur Covid - 19
GURU MAPEL : SUMIHARWATI,S.Pd
Not pada musik itu bisa dibedakan menjadi dua jenis, not angka dan not balok. Seperti namanya, not angka itu ditulis menggunakan angka-angka. Misalnya do=1, re=2, mi=3, dan seterusnya. Berbeda dengan not balok yang digambarkan dengan bulatan hitam yang bisa diberi tangkai atau tidak—tergantung dengan penggunaannya.
Untuk bisa menempati not balok, not balok digambar di paranada yang terdiri dari 5 garis dan 4 spasi. Setiap not balok digambar berdampingan, semakin tinggi not yang digambar maka akan semakin tinggi nadanya, dan semakin rendah not yang digambar maka nadanya semakin rendah. Garis ini akan diawali oleh kunci dan diakhiri dengan garis birama penutup.
Kemudian ada 3 kunci yang paling umum digunakan oleh semua orang, baik musisi maupun orang awam, bisa juga disebut sebagai clef. Ketiga kunci itu adalah kunci C, kunci G dan kunci F. Namun kunci C jarang sekali dipakai, lain halnya dengan kunci G dan F.
Tapi untuk tangga nada dasar pada semua jenis alat musik, notasi dimulai dari C lalu kembali lagi ke C.
Untuk kunci G, menggambar notasi dimulai dari nada C yang berada di kunci G dan di bawah garis 1. Karena posisinya tidak menyentuh garis, maka nada C harus dibantu dengan garis bantu atau leger line.  Maka dari itu nada D menempel pada garis 1, seterusnya mengikuti untuk nada E, F G, A, B, C, dan seterusnya.
Jika garis 1 dan garis 5 sudah mentok, maka nada-nada selanjutnya akan dibantu oleh garis bantu.
Perhatikan gambar dibawah ini


Kedua gambar diatas adalah  nada C=1 atau C=Do yang berada pada kunci G.
Perhatikan letak notasi balok dan notasi angkanya. Agar bisa memainkan satu lagu yang utuh, tentu saja nada-nada yang dimainkan tidak seragam durasi atau ketukannya. Ketukan ini yang menentukan panjang pendeknya sebuah not, sehingga irama yang dimainkan akan lebih serasi antara satu not dengan yang lainnya.
Ada juga tanda istirahat yang menandakan waktu jeda. Ketukan pada not dan tanda istirahat memiliki nilai yang sama, yaitu penuh atau 4 ketuk, 2 ketuk, 1 ketuk, 1/2 ketuk, 1/4 ketuk, dan 1/8 ketuk.
Bentuk Kunci G yang sekarang berbentuk seperti kepala biola. Kunci G disebut juga kunci biola karena kunci G digunakan untuk menuliskan nada-nada tinggi (Sopran, Mezzo Sopran, Alto). Kunci G menunjukkan letak nada G pada garis ke-2.



1. Dasar - Dasar Notasi Balok.
           Ada 7 huruf yang membentuk abjad musikal: A B C D E F G Musik ditulis pada suatu      Paranada, yang terdiri dari 5 garis sejajar. Ada 4 ruang di antara 5 garis sejajar itu.
Paranada adalah:  lima garis horisontal tempat not ditulis. Not dapat diletakkan di garis atau di antara garis (spasi) paranada. Garis paranada diberi nomor dari bawah ke atas; garis paling bawah disebut garis pertama dan garis paling atas disebut garis kelima. Not yang terletak di garis atau spasi lebih tinggi berarti memiliki tinggi nada lebih tinggi.

Not pada paranada dibaca dari kiri ke kanan. Not yang terletak di sebelah kiri dimainkan sebelum not di sebelah kanan.

Perhatikan kembali gambar kuci G dibawah ini

C=D0
1          2          3          4          5          6          7          1
C         D         E          F          G         A         B         C'

          Untuk menjawab soal perhatikanlah benar-benar gambar dan letak setiap not pada garis paranada tersebut. Kalian harus memastikan benar-benar letak not angka tersebut pada garis atau  diantara garis (spasi).

  
Soal :
Buatlah kedalam notasi angka lagu berikut ini

1. 
1.       
Kasih Ibu
                        c-1                                                       Cipt : SM Mochtar

3    2    3  1   1   1    6   1   5
Ka sih  I  bu  ke pa da  be  ta
6     5   4     3     1   2     3      5   3  2
Tak ter hing ga se  pan jang ma    sa
3    3     2      3    1  1    1   1    6       1     5
Ha nya mem be  ri tak ha  rap kem  ba   li
6     6    5      4     3  1      2   3  3    2 2   1
Ba gai  sang sur  ya me  nyi na ri du ni  a

2.       
    2.                 
 





Selamat bekerja.
Jawaban kirimkan ke Ibu Sumiharwati, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar