Selasa, 17 Maret 2020

Menelaah Struktur Surat Pribadi dan Surat Dinas

Sumber gambar : https://disiniaja.net/penulisan-alamat-surat-yang-benar/


Surat adalah suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyamoaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Ada dua jenis surat, yaitu surat pribadi dan surat dinas. Kedua surat tersebut memiliki perbedaan dari segi struktur 

1. Menelaah Struktur Surat Pribadi


Surat pribadi dalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi. .Pada umumnya surat pribadi memiliki unsur-unsur sebagai berikut.


1) Alamat dan tanggal surat
Alamat dan tanggal surat menunjukkan di mana dan kapan surat tersebut ditulis.

2) Salam pembuka
Salam pembuka yaitu bagian surat yang berupa kata pembukaan untuk mengawali pembicaraan dalam menulis surat. Salam pembuka juga berfungsi menyapa pembaca surat.

3) Kalimat pembuka surat
Kalimat pembuka surat berfungsi sebagai pengantar isi surat yang mengajak pembaca untuk memperhatikan pokok surat.

4) Isi surat
Isi surat berisi pokok informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca surat

5) Penutup surat
Bagian ini merupakan bagian akhir isi surat yang berfungsi untuk mengakhiri informasi yang disampaikan dalam surat. 

6) Salam penutup
Salam penutup merupakan bagian surat untuk menutup pembicaraan dalam surat.

7) Nama dan tanda tangan
Nama dan tanda tangan diperlukan dalam surat pribadi supaya pembaca mengetahui siapa yangn menulisnya.

Contoh telaah struktur surat pribadi



2. Menelaah Struktur Surat Dinas

Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan,atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Surat dinas berisi tentang keperluan kedinasan yang bersifat resmi. Surat dinas memiliki bagian-bagian atau unsur- unsur penting sebagai berikut.


1) Kepala surat atau kop surat
Kepala surat merupakan identitas singkat tentang kantor, lembaga, instansi, organisasi ,atau perusahaan yang mengirim surat

2) Nomor surat
Nomor surat menunjukkan urutan pengeluaran surat pada suatu lembaga, instansi, organisasi ,atau perusahaan.

3) Tanggal surat
Tanggal surat menunjukkan kapan surat itu dibuat.

4) Lampiran
Lampiran menunjukkan jumlah lampiran bila ada

5) Perihal atau hal surat
Perihal memuat isi pokok surat atau inti sari isi surat

6) Alamat surat
Alamat surat adalah alamat pengiriman tujuan surat

7) Salam pembuka
Salam pembuka yaitu bagian surat yang berupa kata pembukaan untuk mengawali pembicaraan dalam menulis surat

8) Paragraf pembuka
Paragraf pembuka surat berfungsi sebagai pengantar isi surat yang mengajak pembaca untuk memperhatikan pokok surat.

9) Isi surat
Isi surat berisi pokok informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca surat

10) Paragraf penutup surat
Penutup surat berisi harapan dan ucapan terima kasih

11) Salam penutup
Salam penutup merupakan bagian surat untuk menutup pembicaraan dalam surat.

12) Nama dan tanda tangan pengirim surat


Pengirim surat adalah orang yang bertanggung jawab terhadap lembaga.instansi, organisasi ,atau perusahaan yang tercantum dalam surat.Nama dan tanda tangan pengirim surat merupakan nama dan tanda tangan penulis surat dan nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat

Contoh telaah struktur surat dinas

Demikian materi ini Ibu tuliskan semoga kalian dapat memahaminya !


Selamat Belajar Nak! 

Gurumu : 

Indrawati S.Pd
Dra. Marlina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar