Senin, 23 Maret 2020

RUANG LINGKUP PERDAGANGAN ANTAR NEGARA/ INTERNASIONAL


Postingan ini berbentuk materi dan tugas IPS untuk kelas VIII-3 dan VIII-4
 SMPN 3 Banda Aceh
RUANG LINGKUP PERDAGANGAN ANTAR NEGARA/ INTERNASIONAL

1.      Ruang Lingkup Perdagangan Internasional
Perdagangan internasional melalui perpindahan barang, jasa dari suatu negara kenegara yang lainnya yang biasa disebut transfer of goods and services.


2.      Perdagangan internasional melalui perpindahan modal melalui investasi asing dari luar negeri kedalam negeri atau yang disebut degan transfer of capital.

3.      Perdagangan internasional melalui perpindahan tenaga kerja yang berpengaruh terhadap pendapatan negara melalui devisa dan juga perlunya pengawasan mekanisme perpindaan tenaga kerja yang diebut dengan transfer or labour.

4.      Perdagangan internasional yang dilakukan melalui perpindahan teknologi yaitu dengan cara mendirikan pabrik-pabrik dinegara lain atau yang biasa kita sebut transfer of technologi.

5.      Perdagangan Internasional yang dilakukan dengan penyampain informasi tentang kepastian adanya bahan baku dan pangsa pasar atau yang disebut dengan transfer of data

EKONOMI INTERNASIONAL

Ekonomi Internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional. Sumber energi Amerika Serikat, misalnya sangat bergantung pada produsen luar negeri, sedangkan jepang mengimpor hampir setengah dari makanan yang dikonsumsi oleh penduduknya. Sebaliknya, negara-negara berkembang sangat membutuhkan teknologi yang dikembangkan dan dihasilkan oleh negara-negara industri. Dalam jangka panjang, pola perdagangan internasional ditentukan oleh prinsip-prnsip keunggulan komparatif.



PENUGASAN :
Baca dan pelajari dari halaman 160 s/d 166 lalu kerjakan tugas ya nak.
dg ekspor dn impor.Untk memahami kedua istilah tersebut baca uraian berikut.
1. Jelaskan kegiatan ekspor, impor barang d Indonesia yg terdiri dr dua macam..
2. Isi tabel 3-5  halaman 161 d buku paket kerjakan d buku tulis
3. Jelaskan 2 kebijakan pemerintah untk mendorong ekspor..
4. Sebutkan dn jelaskan faktor yg mempengaruhi ekspor baik dr dalam ataupun dr luar negeri..
5. Sebutkan 4 manfaat perdagangan antar negara..
6. Sebutkan faktor2 yg mendorong perdagangan antar negara..





DIBUAT OLEH : IBU ZUBAIDAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar