Senin, 23 Maret 2020

PERMINTAAN, PENAWARAN, PASAR DAN HARGA


Postingan ini berbentuk materi dan tugas IPS untuk kelas VII SMPN 3 Banda Aceh
PERMINTAAN, PENAWARAN, PASAR DAN HARGA


1.      Permintaan
Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat tergantung dari kebutuhan masyarakat terhadap suatu barang. Jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan berbagai tingkat harga tertentu disebut dengan permintaan.
 Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain :
a.       Harga Barang
b.      Pendapatan Masyarakat
c.       Selera Masyarakat.
d.      Kualitas Barang
e.       Harga Barang Lain
f.       Jumlah Penduduk
g.      Ramalan Masa Depan

2.      Penawaran
Penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran, antara
lain sebagai berikut.
a.       Biaya Produksi.
b.      Teknologi
c.       Harapan Akan Mendapatkan Laba
d.      Faktor-Faktor Nonekonomi

3.      Pasar
Pengertian yang paling sederhana, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli.Pada era globalisasi saat ini transaksi tidak hanya terjadi di pasar akan tetapi dapat pula melakukan transaksi melalui sms atau jual beli secara online. Oleh karena itu pengertian pasar tidak terbatas pada tempat bertemunya penjual dan pembeli, melainkan adanya transaksi jual beli barang dan jasa yang disepakati oleh penjual dan pembeli. Dari uraian tersebut jelas bahwa pengertian pasar secara luas merupakan sarana bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang diperjualbelikan.

4.      Harga
Harga ialah nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam ilmu ekonomi yang dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang disepakati pihak penjual dan pembeli, dan pada harga ini barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga sebagai harga keseimbangan, karena pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan jumlah barang yang diminta seimbang.
Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar-menawar terlebih dahulu antara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan  harga antara penjual dan pembeli.   

Baca dan pelajari ya nak dari halaman 156 s/d 164 lalu kerjakan tugasnya.
PENUGASAN :
1. Jelaskan pengertian permintaan dan penawaran..
2. Jelaskan pengertian pasar..
3. Sebutkan perbedaan pasar tradisional dg pasar modern..
4. Kemampuaan manusia untuk melakukan permintaan thdp barang dn jasa sngtlah terbatas. Keterbatasan manusia dlm melakukan permintaan d pengaruhi oleh fakto2 tertentu.
- sebutkan dn jelaskan faktor2 yg mempengaruhi permintaan..
5. Jelaskan faktor2  non ekonomi hubungannya antara harga dg jumlah barang.


Dikerjakan di buku latihan ya nak

DIBUAT OLEH : IBU NURHAYATI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar