Senin, 23 Maret 2020

MENGEMBANGKAN RASA CINTA KEPADA TANAH AIR DAN BANGSA

Postingan ini berbentuk materi dan tugas PPKn untuk kelas IX-1 s/d
 IX-9 SMPN 3 Banda Aceh

MENGEMBANGKAN RASA CINTA KEPADA TANAH AIR DAN BANGSA
Cinta tanah air merupakan kewajiban seluruh masyarakat yang hidup di suatu negara. Penting rasanya jika kita memiliki rasa cinta tanah air ini terhadap suatu negara, memilikir rasa tersebut bukan hanya akan menimbulkan kebanggan dalam suatu diri, tetapi juga akan menimbulkan suatu kekhasan pada setiap individual dalam bermasyarakat. Memiliki kekhasan rasa cinta tanah air yg individual ini merupakan hal yg sangat wajib layaknya suku yg berada di negara ini, mengapa ? karena setiap perbedaan memiliki karkater dan warna tersendiri yg akan menimbulkan keindahan. tentu saja perbedaan yg dimaksut adalah perbedaan yg berdampak positif bukan negatif yg nantinya malah merusak bangsa.
Dibangsa ini memiliki banyak sekali warna atau kekhasan yg sangat indah tetapi warna atau kekhasan tersebut kian memudar dikarenakan banyak orang orang yg memiliki kekhasan negatif, seperti korupsi. kita sebagai generasi muda sebaiknya mengganti atau lebih mengerangi warna tersebut agar tanah air kita kembali memliki warna atau kekhasan seperti dahulu layaknya jiwa para pahlawan yg ingin bangsanya tidak tertindas dan lebih maju.
Disinilah peran para kaum mudah untuk banyak banyak mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa, cicil lah dari hal cinta pada tanah air yg kecil sampai akhirnya kita memiliki cinta seperti para pahlawan yg selalu ingin bangsanya ini bebas dari segala macam penjajahan. dengan hal kecil seperti memiliki pengetahuan pancasila, lalu kesadaran bersosialisasi bersama masyarakat dan cinta pada lingkungan akan membantu kita menyadarkan semua orang agar dapat mencintai tanah air ini.

PENUGASAN :
1.      Semangat cinta tanah air sangat penting   di era sekarang ini. Berikan 2 contoh semangat cinta tanah air di lingkungan masyarakat!
2.      Kita dianjurkan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Berikan 2 contoh Pancasila sila kedua !
3.      Masyarakat Indonesia memiliki berbagai keragaman dan kekerabatan. Jelaskan sistem kekerabatan  berdasarkan garis keturunan dari Ayahmu!
4.      Setiap tanggal 28 Oktober kita peringati sebagai hari sumpah pemuda. Tuliskan isi sumpah pemuda !
5.      Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tidak dapat diubah karena salah satunya berisi tujuan negara. Tuliskan tujuan negara tersebut!

KERJAKAN DI BUKU LATIHAN YA NAK
BY : IBU ZUSNIAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar